Polres Solok Kota Raih Peringkat Pertama Layanan SKCK Terbaik se-Indonesia

    Polres Solok Kota Raih Peringkat Pertama Layanan SKCK Terbaik se-Indonesia

    JAKARTA -    Polres Solok Kota kembali berhasil mengukir prestasi bergengsi tingkat Nasional, berkat inovasi dan terobosan Sat Intel Polres setempat hingga dinobatkan sebagai peringkat pertama terbaik pelayanan SKCK se-Indonesia.

    Reward berupa piagam penghargaan beserta trophy dan tabanas senilai 10 juta rupiah atas pencapaian prestasi itu diterima oleh Kasat Intelkam Polres Solok Kota IPTU Jufrinaldi, SH dari Kepala Baintelkam Polri Komjen.Pol.Dr.H.Rycko Amelza Dahniel, M.Si, dalam rangkaian kegiatan peluncuran hasil survey kepuasan masyarakat (SKM) pelayanan SKCK tingkat Polres tahun anggaran 2020, bertempat di Hotel Sari Pacific Jakarta, Rabu, 11 November 2020 lalu.

    Turut hadir Rektor Universitas Syiah Kuala Prof.Samsul Rizal, M.Eng, Ketua Tim Peneliti PRIPOL Unsyiah Dr. Muhammad Gaussyah, SH, MH, sejumlah Pejabat Utama Polri diantaranya Asrena Kapolri Irjen.Pol.Drs.Hendro Sugiatno, Karo RBP Brigjen.Pol.Drs.Angesta Romando Yoyol, Karotekinfo Brigjen.Pol.Drs.Edi Setio Budi Santoso, Deputi pelayanan publik Kemenpan RB Prof.Dr.Dyah Natalisa, MBA dan beberapa pejabat utama di lingkungan Baintelkam Polri, serta Para Kasiyanmin dan Kasat Intelkam se Indonesia.

    Menurut Kasat Intelkam Polres Solok Kota IPTU Jufrinaldi, perolehan predikat terbaik atau peringkat 1 se Indonesia ini dibuktikan dari hasil survey masyarakat terhadap pelayanan Sat Intelkam Polres Solok Kota, yang memperoleh nilai kepuasan masyarakat tertinggi dari Polres lain yang ikut disurvey pelayanan SKCK-nya.

    Usai menerima penghargaan tersebut, Jufrinaldi mengungkapkan bahwa prestasi yang diterimanya itu merupakan hasil dari kerja keras yang solid tim pelaksana pelayanan di Satuan yang dikomandoinya, khususnya dalam pelayanan SKCK.

    “Pencapaian ini membuktikan bahwa kita mampu bersaing dengan Polres-Polres hebat lainnya yang didukung dengan sarana prasarana yang mumpuni. Meski kita Polres kampung yang terletak di kota kecil, dengan tekad bekerja ikhlas melayani masyarakat dan masyarakat setelah mendapatkan pelayanan dari kita keluar meninggalkan Polres ini dengan tersenyum, ” ujarnya.

    Ditambahkan Jufrinaldi, pengabdian yang diberikan pada masyarakat diharapkan bukan hanya bernilai sebagai sebuah pencapaian prestasi, melainkan dapat meninggalkan sesuatu yang membawa kebaikan untuk banyak orang. “Semoga pengabdian ini bernilai sebagai amal untuk kita semua, ” imbuhnya.

    Secara terpisah, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.I.K menyampaikan apresiasi terhadap prestasi membanggakan yang berhasil dicapai dan diterima jajarannya, khususnya Sat Intelkam.

    “Pencapaian ini berkat dedikasi dan kerja keras kita semua, jajaran Polres Solok Kota khususnya Sat Intelkam, sehingga berhasil menerima penghargaan peringkat satu indeks kepuasan masyarakat untuk pelayanan publik SKCK se-Indonesia yang piagamnya ditandatangani langsung oleh Kepala Baintelkam Polri. Penerimaan hari Rabu kemaren dalam rangka hari belanja online nasional (Harbolnas) dan Jum’at diserahkan Kasat kepada Polres, ” terang AKBP Ferry.

    Lebih jauh diungkapkan Kapolres, ini sekaligus sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan komitmen mempertahankan predikat WBBM yang disandang Polres Solok Kota. Dikatakat Ferry, saingannya lebih kurang 500-an Polres dan berhasil mengalahkan Polres-Polres Kota besar lainnya. Untuk peringkat dua diperoleh Polres Sidoarjo, sedangkan peringkat ketiga Polresta Palembang.

    Ferry Suwandi berharap kedepan jajarannya terus berupaya meningkatkan seluruh pelayanan publik. “Tidak hanya SKCK, kami akan memberikan terobosan-terobosan kreatif yang akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan seluruh pelayanan publik yang menjadi kewenangan Polres, ” tambahnya.

    Dijelaskannya, untuk SKCK, inovasi yang ingin dilahirkan adalah one stop service SKCK, dimana masyarakat tidak perlu lagi susah-susah mengisi formulir, hanya menggunakan Handphone mengisi seluruh data dan membayar dengan akun BRI Virtual Account (BRIVA). Selanjutnya, masyarakat datang hanya membawa barcode, dan tanpa menunggu lama langsung selesai dengan membawa SKCK.

    “Karena sekarang masa pandemi sedikit menghambat ruang gerak kit dalam berinovasi, jika tidak saya sandingkan dengan SKCK delivery. Jadi masyarakat yang berurusan cukup mengirimkan konfirmasi pengisian data dan barcode melalui pesan aplikasi Whatsapp, nanti kita print dan diantar ke rumahnya. Jadi masyrakat tidak perlu repot-repot berurusan ke kantor, cukup dari rumah saja, ” terang AKBP Ferry.

    Sebagai bentuk motivasi untuk mendorong lebih baik lagi, baik satuan Intelkan maupun satuan lainnya di lingkungan Polres sertempat, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi mengaku akan memberikan reward kepada pelaksana dan koordinator pelayanan SKCK yang prestasinya sudah diakui tingkat Nasional, yang rencana awal akan diserahkan Senin.

    “Namun karena di hari yang sama ada acara gelar operasional di Polda Sumbar yang akan dilaksanakan di Bukittinggi, Selasa atau Rabu kita diserahkan. Reward berupa piagam penghargaan dan untuk peningkatan kesejahteraan yang lebih tinggi bagi personil, ” ungkapnya.

    Lebih lanjut Kapolres berharap kedepan lebih optimal meningkatkan layanan kepada masyarakat, dan masyarakat pun tetap memberikan kritik yang membangun demi terwujudnya pelayanan prima.

    Dengan pencapaian prestasi itu, Dia pun optimis mampu mempertahankan WBBM. “Ini bentuk komitmen kita mempertahankan WBBM sampai kapanpun, hingga masyarakat pun ikut berbangga karena Polres Solok Kota bisa disaingkan dengan Polres-Polres lain yang ada di Indonesia, ” sebutnya.

    Tidak hanya Pelayanan SKCK, pelayanan SIM, SPKT mobile pun juga merupakan inovasi unggulan Polres Solok Kota dalam memberikan pelayanan dengan turun ke masyarakat, namun pandemi juga yang membatasi ruang gerak dalam pelaksanaannya.

    “Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita akan terus melahirkan inovasi guna mempermudah pelayanan agar tidak berbelit-belit dengan memangkas birokrasi seoptimal mungkin segingga terwujud pelayanan yang cepat, murah dan efektif, serta menekan semaksimal mungkin adanya calo dan pungli dalam pelayanan, ” pungkas Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi.   (Amel)

    Solok Kota Kota Solok Sumbar
    Amelia Rizky

    Amelia Rizky

    Artikel Sebelumnya

    Innovation Expo Akan Meriahkan Ulang Tahun...

    Artikel Berikutnya

    Anggota DPRD Pasaman Beri Bantuan APD ke...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Hendri Kampai: Jika Anda Seorang Pejabat, Sebuah Renungan dari Hati ke Hati
    Hendri Kampai: Indonesia Baru, Mimpi, Harapan, dan Langkah Menuju Perubahan
    Kodim 0305/Pasaman Gelar Program Pembinaan Lingkungan Hidup
    Hendri Kampai: Kualitas tulisanmu adalah kualitas dirimu
    Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok, Pemkab Lima Puluh Kota Gelar GPM

    Ikuti Kami