Awali Tahun 2021, Walinagari Koto Gaek Guguk Serahkan LKPJ

Awali Tahun 2021, Walinagari Koto Gaek Guguk Serahkan LKPJ

KOTO GAEK -    Walinagari Koto Gaek Guguk, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Mardi Henderson membacakan nota pengantar sekaligus menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) tahun 2020 dalam rapat bersama dengan Anggota Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Koto Gaek, Rabu, 27 Jnuari 2021, bertempat di Sekretariat BPN setempat.

Dalam nota LKPJ yang dibacakannya, Walinagari Koto Gaek Guguk Mardi menyampaikan bahwa berpedoman pada Peraturan Bupati Nomor 7 tahun 2020 tentang pengelolaan keuangan nagari pasal 69 ayat 3, Walinagari menyampaikan laporan keterangan pertanggung jawaban kepada BPN.

“Nota pengantar ini berisikan gambaran umum atas laporan keterangan pertanggung jawaban walinagari setelah berakhir pelaksanaan anggaran tahun 2020, yang selanjutnya akan dibahas sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan guna penyempurnaan dalam menjalankan tugas dan amanah yang diberikan kepada walinagari oleh seluruh masyarakat Nagari Koto Gaek Guguk di masa yang akan datang, semoga LKPJ yang di sampaikan bisa dibahas dalam waktu sesingkat-singkatnya oleh anggota BPN, ” ungkap Mardi

Pada APB nagari tahun 2020 lalu telah ditetapkan jumlah anggaran pendapatan sebesar Rp.1.526.221.795, 69 ditambah dengan Silpa anggaran tahun 2019 sebesar Rp.237.224.139, 76 sehingga menjadi Rp.1.763.445.935, 45. Sementara anggaran belanja nagari tahun 2020 sebesar Rp.1.609.961.779, 00. Dengan demikian maka pada tahun anggaran 2020 terdapat Silpa anggaran sebesar Rp.153.484156, 45.

Dalam penyelenggaraan pemerintah, Mardi Henderson selaku Walinagari menyampaikan tekad untuk menjadikan Nagari Koto Gaek Guguk sebagai nagari pertanian yang maju dan modern yang dilandasi oleh kehidupan masyarakat beragama hingga menjadi nagari yang dirahmati dan diberkahi Allah SWT.

“Untuk itulah pembangunan mental dan pengamalan agama dalam kehidupan masyarakat berlandaskan “adat basandi syara’, syara’ bersandikan kitabullah” dijadikan prioritas pembangunan yang pertama, ” ujarnya.

Dengan demikian, tambah Walinagari, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta meningkatkan aplikasi adat dan budaya dalam kehidupan masyarakat melalui peran Niniek mamak dan Bundo kanduang.

Selain itu, Mardi Henderson yang memiliki background sebagai wartawan senior di Solok mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerjasama dan kemitraan antara pemerintah nagari dengan anggota BPN yang telah terjalin dengan sangat baik, untuk selanjutnya diharapkan terus dibina dan ditingkatkan di masa yang akan datang demi Nagari Koto Gaek Guguk lebih baik kedepannya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Badan Permusyawarahan Nagari (BPN) Koto Gaek Guguk Alnajmi Gafar, seluruh anggota BPN Koto Gaek Guguk beserta Bundo Kanduang Nagari Koto Gaek Guguk dan seluruh perangkat Nagari Koto Gaek Guguk

Solok Sumbar
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Putusan MA Sudah Final, Ayo Gemilangkan...

Next Article

Sepanjang 2020, BKSDA Agam Catat 10 Konflik...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 332

Postingan Tahun ini: 927

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 244

Postingan Tahun ini: 2162

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 239

Postingan Tahun ini: 2133

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 191

Postingan Tahun ini: 415

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Masyarakat Resah, di Temukan Pengepul Daging Babi di Lintau Tanah Datar

Follow Us

Recommended Posts

Herman Sofyan Lengser, Ketua DPRD Bukittinggi Berganti Beny Yusrial
Kemenko Marves Sepakat Fasilitasi Pembangunan RDF di TPA Aie Dingin
Sidang Paripurna DPRD Solok Kembali Memanas, Aksi Saling Tunjuk Hingga Bupati Tinggalkan Ruang Sidang
Tertunda Cuaca Buruk Papua, Atlet Gantole Sumbar Unggul 2 Ronde
Longsor di Lubuk Kilangan, Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total