Seleksi Calon Peserta Pelatihan Program Kemnaker RI Terapkan Prokes Ketat

Seleksi Calon Peserta Pelatihan Program Kemnaker RI Terapkan Prokes Ketat

PASAMAN - Ratusan peserta para pencari kerja dan yang putus sekolah dan pengangguran hadiri ikuti seleksi pelatihan kerja berkompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping, pada Rabu (03/02/21) pagi di Aula UPT BLK Lubuksikaping. 

Jauh berbeda dengan sebelumnya, aturan seleksi yang diterapkan BLK Lubuksikaping dalam seleksi peserta pelatihan sangat ketat, para calon peserta diminta mematuhi protokol kesehatan dengan meneapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Jika seleksi sebelumnya para peserta dipanggil bersamaan dan hadir rame-rame ke BLK Lubuk Sikaping, jauh berbeda kali ini para peserta dipanggil dengan bertahap secara terbatas.

Para calon peserta ketika memasuki area seleksi dilakukan pengecekan suhu tubuh dulu, diarahkan untuk mencuci tangan, dan diantar memasuki ruangan hingga menempati tempat duduk yang sudah diatur berjarak.

Para peserta seleksi tersebut mengikuti tahapan seleksinya dengan serius dan semangat. Para peserta ini berasal dari lulusan SD, SLTP, SMA, SMK dan Mahasiswa yang sudah mendaftar online di web sisnaker, milik Kemnaker RI. Ujar M.N Susilo, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman kepada media ini.

M.N Susilo mengatakan, Tahun ini BLK Lubuksikaping dalam rangka mensukseskan program pemerintah Pusat dalam peningkatan Sumberdaya Manusia Indonesia melalui program Kemnaker menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi untuk gelombang pertama ini 5 kegiatan pelatihan, kelima kejuruan tersebut yakni; Otomotif, Garmen, dan Prosessing sebanyak dua kelas.

Dikatakan M.N Susilo program pelatihan berbasis kompetensi ini didapatkan melalui kerjasama yang baik antara BLK Lubuksikaping dengan BLK Padang selaku UPTP Pembina BLK di wilayah Sumbar, Riau dan Kepri.

"Kita bersyukur atas adanya program pelatihan ini, sehingga putra putri Pasaman bisa dilatih skiil dan keahliannya, dalam rangka menghadapi tantangan global. Ujar plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari ini.

Kedepannya, Susilo berharap, dengan diberikannya pelatihan skil ini, para pencari kerja di Pasaman dapat menghadapi tuntutan dunia industri dan dunia kerja dalam upaya mewujudkan kesejahteraannya, Ujar Susilo.

Sementara, Kepala BLK Lubuksikaping, Haryadi mengatakan, kuota yang disediakan di BLK untuk pelatihan PBK Gelombang I sebanyak 80 kursi untuk lima jurusan keahlian, sementara pendaftar sebanyak 163 orang. "Antusiasme warga pencari kerja sangat tinggi mengikuti program ini, " ujarnya.

Dikatakan Haryadi, seleksi ini merupakan tindak lanjut pendaftaran siswa secara online di Sisnaker website resmi milik Kemnaker RI, para warga yang sudah mendaftar ini kemudian yang direkapitulasi dan dipanggil untuk dilakukan seleksi.

"Dalam tahapan seleksi ini, peserta yang sudah mendaftar di akun sisnaker ini mengikuti ujian tertulis, wawancara dan penelusuran minat bakat sesuai dengan kejuruan Pelatihan yang akan di buka, " jelasnya.

Selanjutnya kata Haryadi, 5 kejuruan yang akan dilaksanakan tersebut antara lain; pelatihan Otomotif sepeda motor, pelatihan pembuat roti dan kue, practical office, dan asisten menjahit pakaian.

"Mereka akan mengikuti pelatihan sekitar 1-1, 5 bulan yang dilatih oleh mentor dan instruktur profesional. Lulusan nantinya berkesempatan ditampung dunia kerja karena BLK sudah bekerjasama dengan beberapa industri dan pemerintah maupun swasta, " terang Haryadi.

Pasaman
Syafrianto

Syafrianto

Previous Article

Beda Sebelumnya, Pelatihan BLK Lubuk Sikaping...

Next Article

Sepanjang 2020, BKSDA Agam Catat 10 Konflik...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 294

Postingan Tahun ini: 889

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 222

Postingan Tahun ini: 2140

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 219

Postingan Tahun ini: 2113

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 161

Postingan Tahun ini: 385

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Aliran Air PDAM di Sejumlah Kawasan di Kota Padang Akan Mati Malam Ini, Berikut Rinciannya
Kapolda Sumbar hadiri Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Serentak di Universitas Negeri Padang 
Polisi Ringkus Pengupak Rumah di Koto Baru Lubuk Begalung Padang
Terminal Anak Air Termegah di Sumatra, Telan Dana Rp70 M Diuji Coba 1 Oktober
7 Atlet Agam PON XX Papua Dilepas dan Diberi Uang Saku oleh Bupati