Wako Solok Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020

Wako Solok Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020

SOLOK KOTA - Wali Kota Solok H.Zul Elfian Umar, SH, M.Si, menyampaikan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Solok tahun anggaran 2020, pada Rapat Paripurna DPRD Kota Solok, di Ruang Sidang DPRD Kota Solok, Senin (28/6).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma, SH, didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Solok Bayu Kharisma. Turut hadir, Wakil Wali Kota Solok Dr.Ramadhani Kirana Putra, SE, MM, Sekda Kota Solok Syaiful A, Forkopimda Kota Solok, Anggota DPRD Kota Solok, Asisten Setda, dan para kepala OPD.

Wali Kota Solok H.Zul Elfian dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan DPRD melalui Badan Musyawarah DPRD Kota Solok yang telah menetapkan serangkaian jadwal untuk membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Solok tahun anggaran 2020.

Dikatakan Wali Kota, sebagaimana telah dipahami bersama, bahwa APBD sebagai Rencana Keuangan Tahunan Daerah merupakan pedoman dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan, serta gambaran kebijakan publik yang mencerminkan hak dan kewajiban Pemerintah serta masyarakat dalam tahun anggaran berkenaan.

Selanjutnya, setelah berakhirnya tahun anggaran berkenaan harus dilakukan perhitungan realisasi pelaksanaan APBD sebagai pertanggungjawaban kinerja keuangan daerah.

Sesuai dengan ketentuan pasal 194 Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 ini dilengkapi dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh BPK-RI Perwakilan Sumatera Barat dengan opini atas Laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pada kesempatan itu, Wako Solok H.Zul Elfian Umar juga menyampaikan, untuk percepatan pembangunan RSUD Kota Solok yang sudah diprogramkan sejak tahun 2017, saat ini dalam proses pengajuan pinjaman PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) sebesar 100 Milyar rupiah.

“Ini kita lakukan mengingat kemampuan keuangan daerah kita yang sangat terbatas untuk penyelesaian RSUD. Harapan kita pada tahun 2022, pembangunan RSUD dapat diselesaikan dan bisa segera beroperasi. Kami sangat mengharapkan dukungan dari Dewan yang terhormat, kiranya pengajuan pinjaman ini dapat didukung termasuk penganggaran dan pelaksanaannya, baik tahun 2021 maupun tahun 2022, " pungkasnya.  (Amel)

Solok Kota Kota Solok Sumbar
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Manufer Putra Firdaus Jabat Ketua Pengcab...

Next Article

Rapat Paripurna DPRD, Bupati Eka Putra Sampaikan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 332

Postingan Tahun ini: 927

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 247

Postingan Tahun ini: 2165

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 239

Postingan Tahun ini: 2133

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 191

Postingan Tahun ini: 415

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Masyarakat Resah, di Temukan Pengepul Daging Babi di Lintau Tanah Datar

Follow Us

Recommended Posts

Herman Sofyan Lengser, Ketua DPRD Bukittinggi Berganti Beny Yusrial
Kemenko Marves Sepakat Fasilitasi Pembangunan RDF di TPA Aie Dingin
Sidang Paripurna DPRD Solok Kembali Memanas, Aksi Saling Tunjuk Hingga Bupati Tinggalkan Ruang Sidang
Tertunda Cuaca Buruk Papua, Atlet Gantole Sumbar Unggul 2 Ronde
Longsor di Lubuk Kilangan, Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total