Sengketakan KPU Solok ke MK, NC-Yulfadri Ajukan Permohonan PSU

Sengketakan KPU Solok ke MK, NC-Yulfadri Ajukan Permohonan PSU

SOLOK -    Meski dari hasil hitungan akhir KPU Kabupaten Solok, Sumatera Barat, jumlah suara yang diperoleh pasangan calon (paslon) Bupati - Wakil.Bupati Solok Nofi Candra - Yulfadri Nurdin di bawah paslon Epiyardi Asda - Jon Firman Pandu, perjuangannya untuk mewujudkan Solok Baru belum berakhir.

Dengan selisih kurang suara sebanyak 814 dari paslon nomor urut 2, Paslon Bupati daerah penghasil beras ternama bernomor urut 1 itu menempuh jalur konstitusional dengan mengajukan permohonan gugatan ke mahkamah konstitusi (MK).

Gugatan ditujukan kepada KPU Kabupaten Solok sebagai penyelenggara Pilkada, dengan point permohonan penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa tempat pemungutan suara (TPS). 

Menurut keterangan Calon Bupati Nofi Candra, sidang pendahuluan atas gugatan itu telah dilaksanakan Selasa, 26 Januari 2021, dengan agenda pembacaan permohonan.

Dia mengaku gugatan sebagai hak kònstitusi yang diajukannya demi memperoleh keadilan dan kejelasan atas dugaan-dugaan yang ditemui tim di lapangan agar terwujud Pilkada yang benar-benar berkualitas demi Solok cita-cita bersama, Solok yang lebih maju dan harmonis dalam bingkai adat basandi syara'-syara' basandi kitabullah (adat bersendikan syara'-syara' bersendikan kitabullah).

Adapun dalam sidang yang merupakan sesi ketiga dengan agenda penyampaian pokok - pokok permohonan dengan memeriksa kelengkapan dan kejelasan permohonan, pengesahan alat bukti pemohon serta penyampaian hasil penetapan sebagai pihak terkait, dilaksanakan bersama sidang perkara sengketa Pilkada 2 daerah lainnya yaitu Kabupaten.Purworejo, dan Kabupaten Rembang.Sidang sengketa Pilkada Kabupaten Solok sendiri dengan nomor perkara 77/PHP.BUP-XIX/2021.

Hadir dalam sidang itu kuasa hukum pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Solok sebagai pemohon yaitu Mevrizal, SH, MH, dan Rudi Harmono, SH. Sementara dari pihak KPU selaku termohon, hadir kuasa hukum Yuliarman, SH dan Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kab.Solok Dr.Yusrial, SH.I, MA. Selanjutnya dari Bawaslu Kab.Solok hadir Ketua Bawaslu Afri Memori, SE, Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Andri Junaidi, MH serta hadir via daring Koordinator Divisi Pengawasan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Mara Prandes, S.Kom, serta beberapa orang jajaran staf.

Dalam pokok-pokok permohonan yang dibacakan kuasa hukum calon Bupati Solok NC-Yulfadri, pihaknya mengklaim bahwa telah terjadi pengurangan suara pemohon dengan cara merusak surat suara sah oleh KPPS sehingga menjadi suara tidak sah, banyak pemilih yang mencoblos surat suara dua kali dalam pencoblosan surat suara pemilih lainnya oleh petugas KPPS serta persoalan terkait tidak profesionalnya termohon, adanya politik uang yang masif terjadi yang dilakukan oleh salah satu lembaga organisasi masyarakat dan dijadikan simbol kebal hukum demi salah satu paslon serta keberpihakan 74 Walinagari di Kabupaten Solok.

Selanjutnya berdasarkan uraian yang disampaikannya, pihak NC-Yulfadri menyampaikan petitum permohonan kepada mahkamah untuk membatalkan 255/PL.02.6-Kpt/1302/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Tahun 2020, tanggal 17 Desember 2020.

Selanjutnya, untuk persidangan dalam rangka mendengar jawaban termohon, keterangan Bawaslu, keterangan pihak terkait dan pengesahan alat bukti, sidang ditunda Senin sore, 1 Februari pada pukul 17.00-18.00 WIB.  (Amel)

Solok Sumbar
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Erman Safar dan Marfendi Akan Subuh Berjamaah...

Next Article

Sepanjang 2020, BKSDA Agam Catat 10 Konflik...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 332

Postingan Tahun ini: 927

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 244

Postingan Tahun ini: 2162

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 239

Postingan Tahun ini: 2133

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 191

Postingan Tahun ini: 415

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Masyarakat Resah, di Temukan Pengepul Daging Babi di Lintau Tanah Datar

Follow Us

Recommended Posts

Herman Sofyan Lengser, Ketua DPRD Bukittinggi Berganti Beny Yusrial
Kemenko Marves Sepakat Fasilitasi Pembangunan RDF di TPA Aie Dingin
Sidang Paripurna DPRD Solok Kembali Memanas, Aksi Saling Tunjuk Hingga Bupati Tinggalkan Ruang Sidang
Tertunda Cuaca Buruk Papua, Atlet Gantole Sumbar Unggul 2 Ronde
Longsor di Lubuk Kilangan, Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total