DPRD Sampaikan Rekomendasi Terkait LKPJ Bupati Pasaman Akhir Ta. 2019

DPRD Sampaikan Rekomendasi Terkait LKPJ Bupati Pasaman Akhir Ta. 2019

PASAMAN - Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD setempat dengan agenda penyampaian rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Pasaman tahun anggaran 2019, Senin (29/6/2020).

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Pasaman akhir tahun anggaran 2019 sudah diterima oleh mayoritas anggota DPRD. Hal itu ditandai dengan diterbitkannya rekomendasi DPRD dalam Rapat Paripurna Istimewa tersebut. 

Rapat Paripurna Ke-IX ini berjalan dengan khitmad, yang di awali dengan pembukaan oleh Ketua DPRD Pasaman Bustomi, SE dan di akhiri dengan penandatanganan rekomendasi oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD disaksiakan Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si.

"Penyampaian Laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dan LKPj merupakan bagian dari penerapan prinsip "check and balance" dalam menjalankan pemerintahan, " kata Ketua DPRD Pasaman Bustomi dalam rapat paripurna istimewa yang berlangsung di Gedung Syamsiar Thaib Lubuksikaping itu. 

Ia menyebut rekomendasi LKPj Bupati Pasaman akhir tahun 2019 itu dituangkan dalam Keputusan DPRD Nomor : 04/KPTS/DPRD-PAS/2020 tanggal 29 Juni 2020. Dimana rekomendasi itu dikeluarkan berdasarkan hasil pembahasan baik ditingkat Panitia Khusus DPRD Kabupaten Pasaman sampai dengan pembahasan akhir ditingkat fraksi-fraksi Dewan sehingga ditetapkan sebagai keputusan DPRD Pasaman.

Bustomi menerangkan bahwa, rekomendasi tersebut merupakan catatan dan menjadi bahan perbaikan bagi pemerintah daerah pada tahun berjalan dan tahun depan.

"Rekomendasi terkait LKPJ ini berisi sejumlah catatan-catatan dari pihak DPRD, tujuannya untuk penyempurnaan dan perbaikan kinerja pemerintah daerah kedepannya, " ucap Ketua DPRD Pasaman itu.

Kata Bustomi lagi, rekomendasi ini berisikan saran, masukan atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas pemerintahan.

Sementara Bupati Pasaman, H Yusuf Lubis dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Pasaman yang telah merekomendasikan LKPJ Bupati Pasaman akhir tahun anggaran 2019.

"Semua saran, masukan dan rekomendasi DPRD ini sangat konstruktif dan berharga bagi kita untuk melakukan upaya perbaikan, dalam melaksanakan program dan pembangunan di kabupaten tercinta ini, " katanya.

Ia mengatakan, akan segera menindaklanjuti semua catatan dalam rekomendasi DPRD tersebut sesuai kemampuan dan kewenangan yang ada pada pemerintah daerah.

"Untuk menindaklanjuti setiap rekomendasi itu dibutuhkan kerjasama dari semua unsur pemerintah daerah termasuk dukungan dari seluruh anggota DPRD, " katanya.

Adapun beberapa catatan-catatan sebagai rekomendasi penyempurnaan dan perbaikan-perbaikan kinerja Pemerintah untuk masa akan datang itu meliputi tiga bidang yakni, bidang pemerintahan dan aparatur, bidang ekonomi pembangunan, dan bidang kesejahteraan sosial. 

Di Bidang ekonomi pembangunan, guna menghindari terjadinya keterlambatan pelaksanaan kegiatan/program, maka pelaksanaan lelang dan pelaksanaan kegiatan/program DPRD Pasaman meminta agar dimulai lebih awal pada setiap tahun, sehingga kegiatan/program dapat diselesaikan tepat waktu, serta meningkatkan pengawasan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait terhadap pelaksanaan kegiatan, sehingga hasil kegiatan tersebut sesuai dengan harapan dan bisa dimanfaatkan.

Melakukan inovasi/terobosan baru dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Serta meningkatkan anggaran pembangunan jalan usaha tani dan jalan produksi perkebunan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disektor pertanian/perkebunan, karena persentase masyarakat Kabupaten Pasaman 80 % adalah petani.

Pasaman
Syafrianto

Syafrianto

Previous Article

Tim Pemenangan Boris-Adang Dikukuhkan Secara...

Next Article

Upacara Secara Virtual, Forkopimda Hadiri...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 294

Postingan Tahun ini: 889

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 222

Postingan Tahun ini: 2140

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 219

Postingan Tahun ini: 2113

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 161

Postingan Tahun ini: 385

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Aliran Air PDAM di Sejumlah Kawasan di Kota Padang Akan Mati Malam Ini, Berikut Rinciannya
Kapolda Sumbar hadiri Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Serentak di Universitas Negeri Padang 
Polisi Ringkus Pengupak Rumah di Koto Baru Lubuk Begalung Padang
Terminal Anak Air Termegah di Sumatra, Telan Dana Rp70 M Diuji Coba 1 Oktober
7 Atlet Agam PON XX Papua Dilepas dan Diberi Uang Saku oleh Bupati