DPPPA Kota Solok Gelar Pertemuan Koordinasi dan Kerjasama Lintas Sektor Satgas PPA

DPPPA Kota Solok Gelar Pertemuan Koordinasi dan Kerjasama Lintas Sektor Satgas PPA

SOLOK KOTA -    Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok, Sumatera Barat menggelar Kegiatan Pertemuan Koordinasi dan Kerjasama Lintas Sektor Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) tingkat Kelurahan se-Kota Solok.

Kegiatan yang digelar selama dua hari, Selasa dan Kamin, 8 dan 10 Juni 2021 itu dilaksanakan di Aula DPPPA Kota Solok. Adapun tema yang diusung dalam koordinasi tersebut adalah tentang Pencegahan Kekerasan.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak tingkat Kelurahan se-Kota Solok sebanyak 65 orang yang dibagi dalam 2 hari kegiatan. Pada hari Selasa sebanyak 35 orang untuk 7 Kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Sikarah dan pada hari Kamis sebanyak 30 orang untuk 6 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tanjung Harapan.

Dalam kegiatan ini dihadirkan dua orang narasumber, yakni Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) wilayah Sumatera Barat Zera Mendoza dengan materi Peran Pendamping Pada Dukungan Psikologis Awal Terhadap Korban Kekerasan Perempuan dan Anak. Narasumber kedua dari Aliansi Perempuan Peduli Indonesia (ALPPIND) Sumbar, Hj.Quartita Evari Hamdiana dengan materi tentang Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak.

Kegiatan pertemuan koordinasi dan kerjasama ini dibuka oleh Kepala DPPPA Delfianto dengan didampingi oleh Kepala Bidang PPA Yon Maihendri dan Kepala Seksi Pencegahan dan Perlindungan, Delmayenti beserta jajarannya.

Dijelaskan Kepala DPPPA Delfianto, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman anggota Satgas agar mereka paham dan mengerti terhadap tugas, fungsi dan tanggung jawabnya sebagai anggota Satgas.

Delfianto memaparkan terkait dasar dari pelaksanaan kegiatan itu, Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor : 6 Tahun 2017 tentang Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak, bahwa Pemerintah Pusat maupun Daerah wajib memberikan layanan yang dibutuhkan bagi perempuan dan anak yang mengalami permasalahan. Perempuan dan anak berhak memperoleh kemudahan dan perlakuan khusus untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

“Untuk membantu organisasi layanan perempuan dan anak dalam memberikan layanan tersebut perlu dibentuk Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak. Sehingga pelayanan yang diberikan optimal, berupa penjangkauan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta identifikasi kebutuhan korban di lapangan, ” terang Delfianto.

Ditambahkannya, Satgas PPA merupakan satuan tugas yang dibentuk untuk menangani masalah perempuan dan anak yang dilaporkan ke organisasi layanan perempuan dan anak yang telah dibentuk pemerintah daerah.

“Saya berharap kepada peserta Pertemuan Koordinasi dan Kerjasama Lintas Sektor Satgas PPA tingkat Kelurahan se-Kota Solok dapat mengikutinya dengan baik sampai selesai, sehingga bisa menambah pengetahuan, wawasan dan pemahaman anggota tim Satgas PPA dalam penjangkauan kasus kekerasaan terhadap perempuan dan anak di lapangan, ” harap Delfianto.  (IP/Amel)

Solok Kota Kota Solok Sumbar
Amelia Rizky

Amelia Rizky

Previous Article

Dinkes Kota Solok Gelar Sosialisasi Penggunaan...

Next Article

Bupati Resmikan Masjid Al Syahbudin Batang...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 294

Postingan Tahun ini: 889

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 222

Postingan Tahun ini: 2140

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 219

Postingan Tahun ini: 2113

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 161

Postingan Tahun ini: 385

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Aliran Air PDAM di Sejumlah Kawasan di Kota Padang Akan Mati Malam Ini, Berikut Rinciannya
Kapolda Sumbar hadiri Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Serentak di Universitas Negeri Padang 
Polisi Ringkus Pengupak Rumah di Koto Baru Lubuk Begalung Padang
Terminal Anak Air Termegah di Sumatra, Telan Dana Rp70 M Diuji Coba 1 Oktober
7 Atlet Agam PON XX Papua Dilepas dan Diberi Uang Saku oleh Bupati